Menjadi Pribadi Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Manusia adalah makhluk sosial, selalu berinteraksi dengan orang lain. Di rumah, di sekolah, pasar, kantor, dan diberbagai tempat lainnya. Kebutuhan untuk berinteraksi sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya.

Karena itu manusia tidak bisa hidup normal tanpa orang lain, mereka akan saling membutuhkan, memberi dan diberi, menghargai dan dihargai, serta sederet aktivitas sosial yang lain. Semuanya itu untuk memenuhi kebutuhan sosial, dan aktivitas sosial yang kita lakukan seharusnya memberikan manfaat kepada orang lain.

Menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain adalah impian setiap orang, termasuk saya, Karena kita hidup didunia sosial, kebermanfaatan kita bagi orang lain adalah sebuah prestasi yang gemilang. Besarnya manfaat kita kepada orang lain akan menjadikan kita pribadi yang lebih baik, lebih berkembang dan lebih kuat.

Banyak cara bisa kita lakukan untuk saling memberi manfaat kepada orang lain. Yang paling mendasar adalah melakukan setiap kewajiban kita sendiri dengan baik, dengan benar, sehingga tidak merepotkan orang lain. Apapun kewajiban kita sekarang, silahkan lakukan dengan baik dan benar. Memang tidak secara langsung memberi manfaat kepada orang lain, tapi cukuplah menjadi dasar kita berinteraksi dengan orang lain.

Kita ambil contoh didunia pendidikan kita. Yang selama ini berkembang di sebagian masyarakat adalah mengenai tawuran antar pelajar, urusan UNAS yang tidak kunjung selesai2, dan sederet cerita negatif lainnya, betapa kita sebagai masyarakat awam ikut menjadi korban, karena harus menyaksikan sesuatu yang negatif menjadi cerita sehari-hari.

Coba bayangkan jika setiap pihak yang terlibat didunia pendidikan bisa menjalankan kewajibannya dengan baik, dengan benar. Niscaya carut-marut dunia pendidikan dinegara kita bisa sedikit berkurang. Tidak ada lagi tawuran, tidak ada lagi cerita2 negatif. Dan kita semua sebagai masyarakat umum tidak dirugikan, tidak di repotkan oleh cerita2 negatif didunia pendidikan kita.

Jika setiap orang bisa melakukan kewajiban mereka sendiri dengan baik, orang lain bisa fokus dengan kewajiban mereka masing-masing. Bayangkan efek yang ditimbulkan, jika kewajiban tidak kita jalankan dengan baik? Ada berapa banyak energi orang lain yang harus terkuras untuk membantu kita.

Hal lain yang juga bermanfaat bagi orang lain adalah membantu orang lain karena keinginan kita sendiri, karena kita ingin, maka kita melakukannya. Hindari membantu orang lain karena syarat2 tertentu, karena perasaan ingin dihargai, apalagi dengan pamrih materi. Bukan membantu, tetapi malah hanya akan menjadi beban bagi orang lain. Tegakah kita menjadi beban orang lain?

Dua hal tersebut diatas, mudah diucapkan, tetapi tidak mudah untuk dilakukan. Karena saya percaya tidak ada hal yang tidak mungkin, terutama dengan ijin Tuhan, maka satu-satunya cara kita bisa melakukannya adalah dengan belajar, belajar melakukan kewajiban kita sendiri dengan baik, dengan benar, sehingga tidak merepotkan orang lain dan belajar membantu orang lain karena keinginan kita sendiri, karena kita ingin, maka kita melakukannya.

Dengan belajar, Insya Allah kita diberi kekuatan untuk menuju keberhasilan.
Share this article :
 

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MENJADI PRIBADI YANG BERMANFAAT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger